Perbaiki Wajah Menjadi Estetik dengan Kawat Gigi Ortodontik

Senyuman yang indah tidak hanya meningkatkan penampilan wajah, tetapi juga memainkan peran penting dalam kesehatan gigi dan mulut. Salah satu metode yang umum digunakan untuk mencapai kerapian susunan gigi adalah dengan penggunaan kawat gigi ortodontik. 

Apa itu Kawat Gigi Ortodontik?

Kawat gigi ortodontik adalah alat yang digunakan untuk merapikan gigi dan memperbaiki masalah gigitan. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti stainless steel atau paduan logam lainnya, kawat gigi ini ditempatkan pada permukaan gigi dan terhubung dengan bracket yang ditempelkan pada setiap gigi. 

Manfaat Kawat Gigi Ortodontik

  • Merapikan Gigi

Kawat gigi membantu merapikan gigi yang miring, bergeser, atau terlalu rapat agar dapat sesuai dengan keharmonisan gigitan. 

  • Memperbaiki Gigitan

Kawat gigi juga digunakan untuk memperbaiki masalah gigitan, seperti overbite, underbite, atau crossbite.

  • Meningkatkan Fungsi Mulut

Selain aspek estetika, penggunaan kawat gigi dapat meningkatkan fungsi mulut, termasuk kemampuan mengunyah dan berbicara menjadi lebih baik. 

Baca juga: Rahasia Senyum Cantik dengan Veneer Gigi Terbaik di Jakarta

Jenis-Jenis Kawat Gigi Ortodontik

  • Kawat Gigi Konvensional

Terbuat dari stainless steel, kawat gigi konvensional sangat tahan lama dan efektif untuk perawatan ortodontik.

  • Kawat Gigi Transparan

Diperbuat dari bahan yang lebih transparan seperti keramik atau plastik, kawat gigi ini lebih estetis karena lebih sulit terlihat.

  • Kawat Gigi Nikel Titanium

Lebih fleksibel dan ringan dibandingkan dengan stainless steel, kawat gigi ini sering digunakan untuk perawatan awal pada anak-anak.

Proses Pemasangan Kawat Gigi Ortodontik

Sebelum kamu melakukan pemasangan, pastikan kamu sudah melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter gigi yang ada di Arirang Dental Clinic. Karena disini, kamu akan dilayani oleh dokter gigi terbaik dari Korea yang sudah terbiasa menangani berbagai jenis kasus kerapian gigi. Kamu harus melewati beberapa prosedur seperti: 

  • Konsultasi

Konsultasi mengenai gigi dan rahang terlebih dahulu. Dokter gigi akan memutuskan apakah gigi kamu sudah memenuhi kriteria untuk pemasangan kawat gigi. 

  • Rontgen Gigi

Rontgen gigi yang bertujuan untuk melihat struktur dan posisi gigi secara lebih detail, dokter akan menganalisis apakah ada gigi bungsu yang tersisa atau tidak, bagaimana kondisi tulang wajah, dan apa saja masalah yang perlu dikoreksi. 

  • Cetak Gigi

Langkah selanjutnya adalah pencetakan gigi menggunakan bahan lembut dental impression. Tahap ini mungkin akan memakan waktu kurang lebih selama satu minggu. Pada tahap ini dokter gigi akan menganalisis struktur dan posisi gigi kamu apakah memerlukan prosedur pencabutan gigi untuk memberi ruang pada gigi lain. 

  • Pemasangan Braket

Setelahnya, barulah dilakukan pemasangan braket. Braket ditempelkan pada permukaan gigi dengan menggunakan lem khusus. Selanjutnya kawat gigi kemudian diikatkan pada braket dengan menggunakan karet atau kawat kecil.

Perawatan Selama Penggunaan

Kamu pastinya perlu melakukan penyesuaian secara berkala oleh dokter gigi ortodontik untuk memastikan pergerakan gigi yang benar. Di Arirang Dental Clinic, pergerakan gigi dilakukan dengan bertahap sehingga tidak merusak tulang dan gigi. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal selama kamu menggunakan kawat gigi, diantaranya:

  • Kebersihan Oral

Membersihkan gigi dan kawat secara rutin sangat penting untuk mencegah pembentukan plak dan masalah kesehatan gigi lainnya.

  • Pemilihan Makanan

Hindari makanan yang dapat merusak atau menempel pada kawat gigi, seperti permen karet, apel, keripik, atau cokelat yang lengket.

  • Konsistensi Kontrol

Rutin menjalani pemeriksaan dan penyesuaian dengan dokter gigi ortodontik untuk memastikan perjalanan perawatan yang sukses. 

Penggunaan kawat gigi ortodontik bukan hanya untuk memperbaiki bentuk gigi dan wakah secara estetika tetapi juga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Dengan perawatan yang tepat, kawat gigi ini dapat membantu menciptakan senyuman yang sehat dan cantik, meningkatkan rasa percaya diri, dan mendukung kesehatan gigi jangka panjang. Konsultasikan dengan dokter gigi ortodontik di Arirang Dental Clinic untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan memulai perjalanan menuju senyuman yang lebih baik.

Baca juga: Gigi Berlubang? Crown Gigi dengan Teknologi Korea Bisa Jadi Solusinya!

Related Article