Gigi Berlubang? Crown Gigi dengan Teknologi Korea Bisa Jadi Solusinya!

Apa Itu Crown Gigi? 

Gigi yang sehat dan indah memiliki dampak besar pada penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Ketika gigi mengalami kerusakan atau kelemahan, tentunya itu akan sangat mengganggu. Sebagai solusinya, crown gigi hadir untuk mengembalikan kekuatan dan keindahan gigi. 

Crown gigi atau mahkota gigi, merupakan penutup berbentuk mahkota yang dapat ditempatkan di atas gigi yang mengalami kerusakan. Analoginya, pemasangan mahkota gigi mirip dengan meletakkan topi dengan ukuran pas untuk gigi, memberikan perlindungan dan pemulihan optimal.

Pemasangan mahkota gigi melibatkan pemulihan bentuk, ukuran, kekuatan, dan penampilan gigi yang rusak atau melemah. Crown gigi, yang dapat dipasang dengan presisi pada gigi, berfungsi sebagai pelindung yang melibatkan penutupan bagian gigi yang mengalami masalah.

Materi yang digunakan untuk crown gigi sangat bervariasi, termasuk zirconia, emax, ceramic, logam, dan emas. Pentingnya desain dokter gigi dalam proses pembuatan mahkota gigi menjadikan alat ini aman digunakan untuk gigi dan gusi, memastikan kesehatan gigi tetap terjaga.

Baca juga: Solusi Terbaik Pemasangan Implan Gigi Agar Senyum Jadi Percaya Diri

Manfaat Mahkota Gigi

  1. Perlindungan yang optimal

Mahkota gigi dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap gigi yang rusak atau melemah akibat dari pembusukan. Cara Ini membantu mencegah kerusakan lebih lanjut, menjaga gigi yang lemah tetap bersatu jika ada bagian yang retak, dan memperpanjang umur gigi. 

  1. Pemulihan fungsionalitas

Mahkota gigi tidak hanya memberikan solusi estetis, tetapi juga memulihkan fungsionalitas gigi. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengunyah makanan dengan nyaman dan berbicara tanpa hambatan.

  1. Estetika yang meningkat

Dengan berbagai material seperti zirconia, emax dan all ceramic, yang menyerupai gigi alami, mahkota gigi memberikan hasil yang sangat baik. Menutup gigi yang cacat atau berubah warna dan implan gigi, sehingga dapat membantu meningkatkan penampilan senyuman dan kepercayaan diri. 

  1. Penyembuhan cepat

Proses pemasangan mahkota gigi relatif cepat dan efisien. Setelah pemasangan, pasien dapat segera menikmati manfaat fungsional dan estetis tanpa waktu pemulihan yang lama. 

Pemasangan Mahkota Gigi

Jika kamu ingin memasang crown gigi untuk menyempurnakan fungsi dan penampilan mulut dan gigi, kamu bisa mulai untuk berkonsultasi di Arirang Dental Clinic. Sebelum proses pemasangan, kamu akan melewati serangkaian proses persiapan seperti berikut:  

  1. Konsultasi dan evaluasi

Langkah awal adalah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menilai kondisi gigi dan menentukan apakah mahkota gigi adalah solusi yang tepat. Arirang Dental Clinic memiliki dokter gigi yang berkualitas dan ahli di bidangnya. Sudah menangani ratusan kasus pemasangan mahkota gigi, sehingga pengerjaannya akan lebih aman dan terpercaya. 

  1. Persiapan gigi

Dokter gigi akan mempersiapkan gigi dengan mengukur dan merapikan gigi yang akan menerima mahkota. Proses ini memastikan bahwa mahkota nantinya akan pas dan nyaman.

  1. Pencetakan gigi

Pencetakan gigi dilakukan secara konvensional dengan penggunaan bahan cetak dan sendok cetak ataupun dengan menggunakan 3D scanner gigi. Hal ini bertujuan untuk mentransfer gigi ke bagian laboratorium dental untuk pembuatan mahkota gigi.

  1. Pemasangan sementara

Dalam beberapa kasus, mahkota sementara dapat ditempatkan untuk melindungi gigi selama proses pembuatan mahkota permanen di laboratorium. Tahap ini mungkin akan memakan waktu kurang lebih selama satu minggu. 

  1. Pemasangan mahkota permanen

Setelah mahkota permanen selesai, kamu dapat kembali ke dokter lagi untuk pemasangan akhir. Dokter gigi akan memasangnya dengan menggunakan semen gigi khusus. Pemasangan mahkota biasanya memakan waktu singkat. 

Perawatan Mahkota Gigi

  1. Kebersihan gigi yang teratur

Kamu harus rajin merawat kebersihan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan mahkota dan mencegah masalah kesehatan gigi lainnya.

  1. Kunjungan rutin ke dokter gigi

Kunjungan rutin ke dokter gigi diperlukan untuk pemeriksaan berkala dan pembersihan profesional. Ini membantu memastikan keberlanjutan kesehatan gigi dan crown gigi yang sudah terpasang.

Baca juga: Arirang Dental Clinic: Pelayanan Terbaik Kesehatan Gigi dan Mulut

Related Article