Gak Perlu Takut, Gak Semua Gigi Rusak Dicabut, Endodontik Jawabannya!

Endodontik atau sering disebut perawatan saluran akar, adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang berfokus pada diagnosis dan perawatan masalah yang berkaitan dengan pulpa gigi, saraf, dan jaringan sekitarnya. Prosedur perawatan saluran akar bertujuan untuk menyelamatkan gigi yang mengalami kerusakan atau infeksi yang serius tanpa harus dicabut.

Selain itu, prosedur ini juga dilakukan untuk menghindari ekstraksi dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Contohnya seperti saraf dan pulpa gigi yang teriritasi, gigi atau gusi meradang, atau adanya infeksi akibat pembusukan yang dalam, tambalan kasar, hingga retakan pada gigi. Saluran akar gigi yang berada di tengah gigi berisi pembuluh darah dan saraf, tidak memiliki fungsi lain selain fungsi sensorik untuk merasakan suhu panas atau dingin pada makanan. 

Kapan Prosedur Endodontik Harus Dilakukan?

Sangat penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan gigi dan mulut kamu agar tidak terjadi infeksi bakteri pada pulpa. Jika kamu merasa sakit saat makan atau minum makanan dan minuman panas atau dingin, sakit saat menggigit atau mengunyah, gusi membengkak, atau gigi mulai goyang segeralah periksa dan konsultasikan masalah gigi kamu ke dokter gigi. Karena bisa saja hal tersebut merupakan gejala infeksi bakteri pada pulpa. 

Proses Tindakan Endodontik

1. Diagnosis

Langkah pertama dalam perawatan endodontik adalah diagnosis yang tepat. Hal ini melibatkan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter gigi untuk menentukan apakah ada infeksi atau kerusakan pada pulpa gigi. Pemeriksaan sinar-X juga sering digunakan untuk membantu dalam penentuan kondisi akar gigi. Kamu bisa konsultasikan masalah gigi kamu ke Arirang Dental Clinic yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai jenis pasien sejak 2017. Dokter gigi di klinik ini akan memberikan solusi yang terbaik untuk keluhan kamu. Didukung dengan fasilitas dan teknologi mutakhir dari Korea, kamu pasti akan merasa aman dan nyaman ketika menjalani setiap prosedur. 

2. Penghapusan Pulpa Gigi

Jika pulpa gigi terinfeksi atau mengalami kerusakan, dokter gigi akan melakukan penghapusan pulpa. Ini melibatkan pembuatan akses ke dalam gigi, pengangkatan pulpa yang terinfeksi, dan membersihkan saluran akar untuk menghilangkan bakteri dan sisa jaringan.

3. Desinfeksi dan Pengisian Saluran Akar

Setelah membersihkan saluran akar, dokter gigi akan mengisi saluran tersebut dengan bahan pengisi khusus untuk mencegah infeksi berulang. Tujuan dari proses ini adalah untuk mempertahankan struktur gigi dan menghindari penyebaran infeksi.

4. Penggantian Gigi yang Hilang

Setelah perawatan ini selesai, gigi yang telah diobati biasanya memerlukan restorasi lebih lanjut, seperti penempatan mahkota gigi, untuk mengembalikan kekuatan dan fungsi normalnya.

Baca juga: Solusi Terbaik Pemasangan Implan Gigi Agar Senyum Jadi Percaya Diri

Mengapa Harus Endodontik?

1. Tidak Terasa Sakit 

Berbeda dengan pencabutan gigi, prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman setelah tindakan. Sehingga proses pemulihannya akan terasa lebih nyaman. Hal ini karena dokter gigi sudah menggunakan teknik modern dan anestesi yang lebih efektif. 

2. Menyelamatkan Gigi

Salah satu keuntungan utama dari perawatan endodontik adalah kemampuannya untuk menyelamatkan gigi yang sebelumnya dianggap harus diekstraksi atau dicabut. Ini penting untuk mencegah kehilangan gigi dan masalah terkait seperti pergeseran gigi atau masalah gigitan. 

3. Menghilangkan Nyeri

Pasien yang mengalami infeksi pulpa gigi sering mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan yang signifikan. Perawatan saluran akar gigi membantu menghilangkan nyeri ini dengan membersihkan infeksi dan menghilangkan saraf gigi yang terkena.

4. Mempertahankan Struktur Gigi

Dengan menjalani perawatan endodontik, pasien dapat mempertahankan struktur gigi asli mereka. Hal ini penting untuk mendukung kesehatan dan fungsi mulut secara keseluruhan. 

Perawatan Pasca Endodontik

Setelah menjalani perawatan endodontik, pasien perlu merawat gigi yang telah diobati dengan baik. Menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan menjalani pemeriksaan rutin oleh dokter gigi.

Baca juga: Gigi Berlubang? Crown Gigi dengan Teknologi Korea Bisa Jadi Solusinya!

Related Article